free hostgator discount coupon

Home » , » Doyan Ikan, Gusi Lebih Sehat

Doyan Ikan, Gusi Lebih Sehat

Written By maskolis on Sunday 19 June 2011 | 07:05

Penyakit gusi adalah penyebab utama tanggalnya gigi pada orang dewasa. Cegah hal itu dengan memperbanyak konsumsi ikan, terutama ikan laut karena mengandung banyak omega-3. Penyakit gusi yang parah (periodontitis) adalah tahap lanjut dari penyakit gusi ketika kantong plak terbentuk di antara gigi dan gusi sehingga gusi meradang. Penyebabnya adalah tumpukan bakteri. Jika tidak dirawat, maka gigi akan goyah, bahkan tanggal.

Salah satu cara untuk mencegah peradangan tersebut adalah konsumsi omega-3. "Bakteri penyebab periodontitis bisa tumbuh karena adanya peradangan. Nah, terapi antiinflamasi dengan omega-3 yang dilakukan pada kelinci di laboratorium menunjukkan hasil yang positif. Kami berharap hal ini juga berlaku pada manusia," kata dr Kenneth J Mukamal dari Harvard Medical School.

Menurut dr Gerald Curatola dari New York University's College of Dentistry, hasil penelitian yang dilakukan Mukamal itu masuk akal mengingat sudah cukup banyak bukti-bukti ilmiah yang menunjukkan omega-3 akan mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menjaga kesehatan liver.

"Inflamasi adalah pembunuh nomor satu dalam tubuh manusia dan dalam skala rendah inflamasi terjadi pada penyakit gusi," kata Curatola. Ia menambahkan, orang yang menderita penyakit gigi kronis lebih berisiko terkena penyakit jantung.

"Penderita periodontitis risikonya 10 kali terkena serangan jantung, penyakit diabetes, atau Alzheimer. Konsumsi omega-3 akan mengurangi terjadinya inflamasi di dalam tubuh," katanya.

Dalam penelitian yang dilakukan Mukamal, ia dan timnya melibatkan 9.000 orang dewasa yang berpartisipasi dalam survei nasional mengenai kesehatan dan nutrisi pada tahun 1999 dan 2004. Empat persen dari responden menderita penyakit gusi. Namun, mereka yang rutin makan ikan laut hanya sedikit yang menderita periodontitis.

Mukamal juga menemukan, pasien yang gusinya sehat memiliki kadar protein C-reactive yang rendah dalam darahnya. Ini merupakan tanda adanya inflamasi. Walau begitu, ia mengatakan bahwa yang paling penting untuk mencegah penyakit gusi adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut.

sumber : http://health.kompas.com/index.php/read/2010/12/06/11055872/Doyan.Ikan..Gusi.Lebih.Sehat.-8
Share this article :

2 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Test Maskolis - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger